page contents
Recipe

Resep Gampang Dakgangjeong

Hari libur gini, waktunya bereksperimen masakan! Kebetulan barusan saja gue nonton variety shom Korea, Youn’s kitchen tayangan dari tvN. Ini merupakan acara tentang buka restoran masakan Korea di suatu kota asing. Tayangan tahun ini memasuki season kedua dan mereka buka restoran di Spanyol.

Nah, episode yang gue lihat tadi adalah mereka sedang menyusun hidangan baru untuk menu restoran mereka yaitu Dakgangjeong. Apa tuh Dakgangjeong? Yaitu ayam krispi dibumbu manis, asam, pedas. Dak sendiri artinya ayam, dan Gangjeong sendiri merupakan hidangan tradisional Korea berupa manisan dari tepung beras.

Gue lihat ditayangan kalau manisnya dari madu, dan gue inget masih ada sisa madu di kulkas! Gue pun tergoda untuk masak dan mulai cari resepnya di Google. Ternyata banyak versi resep ya, guys. Jadi gue belanja bahan yang gampang ditemui di supermarket dekat kos-an. Walaupun gue sendiri belum pernah makan Dakgangjeong asli, tapi kira-kira kebayang deh rasanya gimana.

Berikut ini, resep ala gue setelah riset sana-sini ya! Tapi maaf, cuma ada foto hasil akhir saja nih, karena tadi gak kepikiran buat dishare diblog, jadi gak foto-foto. But, I’ll update you if I cook it again next!

Bahan:

  1. 4 potong ayam bagian sayap
  2. Tepung ayam krispi instan (gue pakai merk Sasa)
  3. 1/4 Bawah bombay, iris tipis
  4. 3 siung Bawang putih, iris tipis
  5. 1 ruas Jahe, iris tipis
  6. Wijen (optional)
  7. Minyak wijen
  8. Merica bubuk
  9. Irisan lombok (optional)

Saus:

  1. 2 sendok makan Madu
  2. 1 sendok makan Kecap
  3. 1 sendok makan saus tiram
  4. 1 sendok makan saus pedas

Cara memasak:

Pertama, kita goreng dulu ayam krispinya. Siapkan dua wadah untuk membuat adonan tepung yaitu adonan basah dan adonan kering. Kalian bisa ikuti saja petunjuk membuat ayam krispi yang ada dibalik bungkus kemasan tepung instan ya. 🙂

Kalau sudah siap, goreng ayam dengan minyak penuh dan api sedang. Jika sudah berwarna emas kecoklatan, angkat, tiriskan dan sisihkan. Lalu matikan kompornya.

Kedua, buat saosnya. Siapkan wadah untuk mengaduk saus. Tuangkan semua bahan saos, ambahkan merica bubuk secukupnya dan aduk rata. Cicipi dulu apakah rasanya sudah sesuai keinginanmu. 😉

Ketiga, kita masak Dakgangjeong! Siapkan wajan dan tuangkan 1 sendok minyak wijen, panaskan. Lalu tumis irisan bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan saosnya dan tumis sebentar. Terakhir, masukkan ayam krispi yang tadi disisihkan. Oseng sampai bumbunya meresap. Jangan lupa matikan kompor!

Saatnya plating. Taruh ayam di atas piring dan taburi dengan wijen, lalu hias irisan lombok hijau di atasnya. Selesai deh!

Selamat makan 🙂

Virgo girl. Debater Personality. I do what I wanna do.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *